Proses Bisnis Dropshiper

Apa itu drop shipping?

Drop shipping adalah model bisnis dimana penjual atau drop shipper tidak menyimpan persediaan barang jualan mereka sendiri namun meneruskan pesanan pembeli dan alamat pengiriman ke supplier yang bisa berupa penjual grosir atau pabrik barang jualan tersebut yang kemudian akan mengirimkan barang langsung ke pembeli. Jenis bisnis ini populer di kalangan anak muda yang ingin mulai mencari penghasilan sendiri dengan terjun di dunia bisnis dengan cara berjualan online namun tidak mempunyai modal awal yang besar.

Kelebihannya apa?

  • Tidak perlu gudang
    Drop shipping mempunyai beberapa keuntungan apabila dibandingkan dengan model bisnis konvensional, salah satu diantaranya adalah tidak perlunya penjual mempunyai gudang atau inventory sendiri untuk menyimpan produk yang dijual. Tentu saja faktor ini mengurangi biaya yang diperlukan untuk memulai bisnis drop shipping secara signifikan.
  • Singkatnya waktu setup
    Keuntungan lain yang ditawarkan oleh bisnis drop shipping adalah singkatnya waktu yang dibutuhkan untuk memulai bisnis atau membuka lapak. Apabila sobat markas sering mendengar atau membaca bahwa ada banyak orang yang memerlukan waktu berbulan-bulan untuk memulai bisnisnya, maka drop shipping tidak demikian. Waktu yang dibutuhkan untuk memulai bisnis sebagai drop shipper relatif singkat, sobat markas hanya perlu menentukan jenis produk yang akan dijual dan dari mana barang itu akan didatangkan atau mencari supplier.

Apa ada kekurangan dari drop shipping?

  • Tidak ada kendali terhadap kualitas produk
    Terlepas dari kemudahan memulai bisnis drop shipping dan keuntungan-keuntungan yang sudah dipaparkan di atas, model bisnis ini juga mempunyai beberapa kekurangan. Kekurangan yang paling menonjol adalah penjual tidak dapat mengendalikan kualitas produk yang dijual. Ini disebabkan oleh drop shipper yang tidak mempunyai stok produk secara fisik hingga mustahil untuk mengetahui secara pasti kualitas suatu produk. Hal ini dapat diakali dengan memesan sampel produk yang akan dijual sebelum membuka lapak sebagai drop shipper.
  • Ketatnya persaingan di marketplaceMenjadi seorang drop shipper bukanlah hal yang unik lagi di tahun 2020 ini. Apabila sobat markas mencoba mencari suatu produk di marketplace seperti Tokopedia atau BukaLapak, akan muncul banyak produk dengan nama, foto, bahkan harga yang sama persis, seperti pada ilustrasi di bawah. Kemungkinan besar semua produk dengan foto yang sama berasal dari 1 supplier namun mempunyai banyak drop shipper. Karena tidak mempunyai barang secara fisik, drop shipper mau tidak mau harus mengambil bahan iklan dari sang supplier, kadang dengan meng-copy paste nama dan spesifikasi produk namun menaikkan harganya sedikit agar beroleh keuntungan. Tentu saja pembeli akan lebih mungkin membeli dari penjual yang menawarkan harga terendah, yang pada banyak kesempatan tidak lain adalah si supplier itu sendiri.

Bagaimana website dapat menguntungkan drop shipper?

  • Memiliki website sendiri dapat membuat toko anda stand out
    Sobat markas tidak perlu khawatir terhadap ketatnya persaingan drop shipping di marketplace apabila memiliki website sendiri. Website bersifat lebih fleksibel dan customizable dibandingkan marketplace. Sobat markas bebas mendesain layout website toko agar semenarik mungkin agar dapat menonjol di antara banyaknya toko sejenis dan memasang berbagai plugin yang sekiranya dapat mendukung usaha drop shipping. Sobat markas juga tidak perlu khawatir apabila sobat markas tidak mahir programming dan coding, kami dari Markas Hosting akan dengan senang hati membantu. Dengan portfolio yang terdiri dari client di berbagai daerah Indonesia, Markas Hosting adalah pilihan tepat untuk mempercayakan perancangan website sobat markas. “Ah, apa jasa begini nggak kemahalan? Modal saya kan kecil”. Tentu saja tidak, kami di Markas Hosting mempunyai komitmen untuk menyediakan jasa website, domain, dan hosting berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau.
  • Website akan memperluas jangkauan toko
    Memiliki website akan menambah eksistensi dan jangkauan toko sobat markas. Kami di Markas Hosting sudah berpengalaman dalam SEO (Search Engine Optimization) sehingga bisa menjamin website toko sobat markas lebih sering muncul dalam pencarian search engine sehingga mudah dicari oleh calon pembeli. Setelah memiliki situs tersendiri, sobat markas juga bisa memperluas jangkauan toko dengan beriklan di sosial media, seperti menggunakan Facebook Ads, Ads by Google, dan sejenisnya. Ditambah, bisa saja sobat markas mendapatkan penghasilan tambahan dari iklan yang dipasang pada website toko. Menggiurkan bukan?

Tunggu apa lagi? Serahkan pembuatan website toko sobat markas ke kami dan nantikan manfaatnya!
Ya, saya mau!

Apa sih Pentingnya Website untuk Bisnis Drop Shipping?