Sobat markas pasti sudah familier dengan istilah Virtual Private Network atau VPN. VPN adalah layanan yang biasa digunakan oleh banyak orang untuk mengamankan koneksi internetnya dan mengakses situs-situs yang tidak bisa diakses secara normal dari negara asal. Kalau di Indonesia, biasanya banyak pengguna internet yang memakai jasa VPN untuk mengakses situs seperti Reddit dan menggunakan layanan hiburan seperti Netflix. Bagaimana dengan Virtual Private Server atau VPS? Apakah mirip dengan VPN? Yuk simak apa itu VPS dan kegunaannya! Untuk mengenal VPS, pertama-tama kita harus tahu dulu macam-macam hosting:

Shared hosting

Shared hosting adalah jenis hosting dimana beberapa website menggunakan 1 server fisik bersama dan berbagi fasilitas yang ditawarkan server itu, mulai dari sistem operasi (OS), random access memory (RAM), kapasitas penyimpanan, hingga bandwidth. Biasanya pengguna shared hosting adalah website skala kecil dengan traffic harian kurang dari 2000 pengunjung, atau developer yang mempunyai modal terbatas. Di antara jenis-jenis hosting, shared hosting adalah jenis yang paling murah. Shared hosting bisa diumpamakan sebagai apartemen dimana setiap penghuni mempunyai kamar sendiri namun harus berbagi lahan parkir mobil, fasilitas laundry, hingga gym dengan penghuni apartemen lainnya.

Dedicated hosting

Dedicated hosting adalah jenis hosting dimana 1 website menempati 1 server fisik tanpa harus berbagi dengan website lain. Pemilik website bebas mengubah OS, memasang aplikasi, menambah user, dll tanpa harus memikirkan batasan-batasan yang ada pada shared hosting (bandwidth kecil, RAM terbatas, dll). Singkatnya, dedicated hosting bersifat sangat customizable. Jenis hosting ini biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang ingin keleluasaan dan keamanan pada website mereka. Harga dedicated hosting lebih mahal dari shared hosting karena biaya yang dibutuhkan untuk penyediaan server dan maintenance lebih besar. Dedicated hosting bisa diumpamakan sebagai seseorang yang membeli rumah untuk ia tinggali sendiri. Orang itu akan bebas mengecat tembok rumah, membeli perabotan, memiliki garasi mobil sendiri, dan bebas melakukan apa saja terhadap rumahnya itu.

Virtual Private Server (VPS)

Virtual Private Server (VPS) dianggap sebagai jalan tengah di antara shared hosting dan dedicated hosting. Kemajuan teknologi memungkinkan untuk satu server fisik dibagi menjadi beberapa bagian yang beroperasi secara independen yang disebut virtual private server (VPS). Setiap website yang menggunakan suatu VPS yang berada dalam 1 server fisik bebas menggunakan RAM, CPU, dan tidak harus mengalami datanya tercampur dengan website lain. Dengan begini, rasa customizable dari dedicated hosting dan efisiensi biaya dari shared hosting bisa digabungkan. VPS dapat diumpamakan seperti tinggal di kondominium dimana seorang penghuni memiliki lahan parkirnya sendiri dan fasilitas pribadi dan memiliki kontrol penuh terhadap fasilitas yang ia punya namun masih berada dalam satu bangunan fisik dengan penghuni-penghuni lain.

Apa saja kelebihan VPS?

Efisiensi biaya

VPS sangatlah cocok untuk web developer yang sedang bertumbuh atau pemilik website dengan budget yang seadanya karena harganya lebih murah daripada dedicated hosting namun menawarkan benefit yang mirip. Apabila sobat markas sedang merintis suatu website atau toko online dengan biaya yang pas-pasan namun menginginkan lebih banyak daya dan keleluasaan seperti layaknya dedicated hosting, maka VPS adalah pilihan yang sangat tepat.

Lebih bebas

Virtualisasi telah memungkinkan pemilik website untuk berkreasi dengan pengaturan VPS. Apabila shared hosting cocok untuk website yang hanya menggunakan WordPress atau Content Management System (CMS) umum lainnya, maka VPS memungkinkan pemilik website untuk memasang program custom dan berbagai macam program integratif. untuk mendukung kinerja website.

Lebih aman

Aplikasi perpajakan, pembukuan, dan pembayaran online biasanya memerlukan ketersediaan server 24 jam dan kecepatan internet yang memadai dan tentu saja keamanan untuk berjalan lancar. VPS menyediakan semua ini. Dengan menggunakan VPS, seseorang tidak perlu khawatir terhadap keamanan karena data website dalam VPS karena data dan informasi bersifat pribadi (private) dan tidak ‘tercampur’ selayaknya pada shared hosting.

Lebih bisa diandalkan

Dewasa ini ada pula namanya “cloud VPS” yang berarti data sebuah VPS disimpan dalam beberapa dedicated server. Hal ini menjamin tidak adanya down time dari website yang berjalan pada VPS itu karena jika salah satu dari server fisik mengalami kegagalan piranti keras secara total (total hardware failure), maka masih ada server-server lain dalam sistem cloud yang memungkinkan VPS tetap berjalan. Sementara waktu, server yang bermasalah bisa diperbaiki untuk kemudian dimasukkan kembali ke dalam sistem cloud.

Jadi, sobat markas sudah mengerti kan keunggulan VPS? Markas Hosting menyediakan berbagai pilihan hosting termasuk VPS bagi sobat markas yang berniat menumbuhkan bisnis online, membuat website lebih aman, dan berbagai keperluan lainnya, tentu saja dengan harga yang sangat terjangkau.

Yuk! Menganal Lebih Jauh apa itu VPS?